Sidebar Ads

International

Saturday, February 13, 2016

Transfer Belajar


menurut L.D Crow and A.Crow :
( pemindahan-pemindahan kebiasaan berpikir, perasaan atau pekerjaan, ilmu pengetahuan atau keterampilan, dari suatu ke keadaan belajar yang lain biasannya di sebut transfer latihan/ balajar).
     Pemindahan hasil belajar itu sebenarnya bias terjadi dari mata pelajaran satu ke mata pelajaran yang lain atau kehidupan nyata di luar sekolah.
1.      Tiga macam-macam transfer
a.      Transfer positif
Dikatakan positif jika hasil belajar dalam satu meta belajar tertentu membantu terhadap mata pelajaran/ situasi yang lain.
b.      Transfer negative
Apabila hasil belajar dalam satu bidang studi menggangu, memperlambat atau mempersulit bidang studi lain dikatakan negative.
2.      Teori-teori belajar
Secara umum para ahli berpendapat bahwa transfer dalam belajar itu bias terjadi, akan tetapi, apa sebenarnya hakekat transfer itu dan bagaimana dalam belajar, mereka berbeda pendirian.
Pendapat mereka secara garis besar dapat di bedakan menjadi tiga, sebagai berikut :
a.      Teori disiplin formal/ ilmu jiwa daya
Bertitik tolak dari anggapan bahwa jiwa manusia terdiri dari berbagai daya, daya mengingat, daya berpikir, dan lain-lain, maka mereka beranggapan bahwa transfer hanya bias terjadi bila daya-daya tersebut dapat diperkuat dan “ disiplinkan” dengan latihan-latihan yang keras dan terus-menerus. Setelah daya-daya itu terlatih maka akan mudah terjadi transfer secara otomatis ke bidang-bidang lain.
b.      Ilmu jiwa asosiasi
Wiliam james dan Edward thordike tidak sependapat dengan pandangan sekelompok ahli jiwa daya, kedua tokoh ini lalu mengkritik antara lain sebagai berikut :
1.      Daya ingat tidak dapat diperkuat melalui latihan.
2.      Pelajaran bahasa latin misalnya tidak akan menaikan IQ
3.      Ilmu-ilmu dalam bidang tertentu bila di tunjuk dengan istilah ilmu jiwa daya mereka telah terlatih ternyata lemah dan tidak mampu mengamati menganalisa dalam bidang-bidang lain, ini berarti transfer secara otomatis tidak terjadi.
Kemudian kelompok asosiasi ini berpendapat bahwa transfer hanya akan terjadi bila dalam situasi yang baru terdapat unsur-unsur yang sama dengan situasi terdahulu yang telah dipelajari, misalnya individu yang telah lihai naik motor, ia tidak akan mengalami kesulitan bila mengendarai speda motor yang lain.
c.       Teori generalisasi
Peletak pandangan ini adalah Charles judd, ia beranggapan bahwa transfer bisa terjadi bila situasi baru dan situasi lama yang telah dipelajari mempunyai kesamaan prinsip, pola atau struktur,tidak kesamaan unsur-unsur. Seorang memahami prinsip demokrasi akan mampu mengamalkan dalam situasi yang berbeda, demikian pula prinsisp ekonomi, hukum, pendidikan dan lain-lain.

3.      Factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya transfer
a.      Intelegensi
Individu yang lancer dan pandai biasanya mampu menganalisa dan melihat hubungan-hubungan logis, ia segera melihat unsur-unsur yang sama serta pola dasar atau kaidah hokum, hingga sangat muda terjadi transfer.
b.      Sikap
Meskipun orang mengerti dan memahami sesuatu serta hubungannya dengan yang lain, tetapi pendirian atau kecenderungan menolak/sikap negative, maka transfer tidak akan terjadi, demikian sebaliknya.
c.       Materi pelajaran
Biasanya mata pelajaran yang mempunyai daerah berdekatan misalnya matematika dengan statistik, ilmu jiwa social dengan sosiologi lebih mudah terjadi transper.
d.       System penyampaian guru
Pendidikan yang senantiasa menunjukan hubungan antara pelajaran yang sedang dipelajari dengan mata pelajaran lain atau dengang menunjukan kehidupan nyata yang dialami anak, biasanya lebih membantu terjadinya transfer.

4.      Prinsip-prinsip belajar
a.       Belajar akan berhasil jika di sertai dengan kemauan dan tujuan tertentu
b.      Belajar akan lebih berhasil jika memberi sukses dan menyenangkan
c.       Dalam proses belajar memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain.
d.      Hasil belajar di buktikan dengan adanya perubahan dalam diri pelajar
e.       Ulangan dan latihan perlu akan tetapi harus didahului oleh pemahaman


Selamat berjihad mengamalkan ilmunya wahai para pejuang islam, janga pernah berkata lelah selama anda bisa ! 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Sample Text


Image Post

Business

About us

Entertainment

Recent

Famous Posts

Facebook

Most Popular

Blogger templates